Kamis, 05 April 2012

kimchi; spesial food from korea

Diposkan oleh mongyimongyi di 14.20
Reaksi: 

Sudah mencicipi KIMCHI?, 
itu lho masakan asli korea yang terbuat dari sawi putih pada umumnya. Ya bisa dikatakan acar sawi gitu. Karena penasaran, Saya pernah mencoba membuat kimchi ini sebanyak dua kali tapi selalu gagal, mungkin karena gak ada gochujang (cabe permentasi asli korea) atau saya aja yang tidak ahli. Aqpalagi cari bubuk cabe yang merah sangat di Lombok ini juga gak ketemu-temu, otomatis warnanya tidak secerah yang ada dikorea. Rasanya campur aduk, pedes, asam, asin, katanya rasa acar tapi gak banget. Pingin coba rasa yang asli nya seperti apa, secara enak banget lihat orang korea makan kimchi di drama-drama nya. 

Kimchi dinobatkan juga sebagai makanan paling sehat dan bergizi tinggi. Jadi selain bisa sebagai lauk ternyata juga menyehatkan ya,,. Orang korea bangga banget punya kimchi, mereka sangat gencar sekali mempromosikan kulinernya ke penjuru dunia. 

kimci pake bubuk cabe merah


Kimchi biasanya dibuat dalam jumlah yang sangat banyak, berember-ember, maklum kimchi kan makanan favorit yang disantap orang korea ketika musim dingin tiba. Jadi mereka tidak tanggung buat banyak untuk persediaan selama musim dingin. Kimchi enak dicampur apa aja, seperti nasi, mie, bahkan kimchi juga di buat sebagai penganan oleh orang korea. 

hasil kimci cabe merah yang kurang merah


Cara buat kimchi seperti ini :


1.     Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Sesudah bersih, rendam sawi dalam campuran tiga genggam garam yang sudah dilarutkan dengan air matang untuk sedikitnya enam jam, sampai Sawi putih terlihat layu
2.     Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih. Tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian dengan membuang ujung-ujung sawi.
3. Saatnya mengolah sawi dengan campuran bahan-bahan bumbu. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, selada air, daun bawang, radis, saus ikan, dan sedikit garam. Baurkan campuran bumbu secara merata menutup semua bagian sawi hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan biarkan sedikitnya 2×24 jam sampai bumbu meresap ke dalam daging sawi dan jangan menyimpan di dalam lemari es. Proses penyimpan lebih lama akan lebih baik karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru simpan kimchi dalam lemari es.
4. Kimchi siap saji bisa disantap begitu saja atau disuguhkan sebagai makanan pembuka sebelum makanan utama.

TIP
1. Proses memilih sawi yang baik dengan daun sawi yang sehat dan tidak berulat menjadikan hasil kimchi juga menyakinkan.
2. Jangan menggunakan peranti masak dari bahan logam karena kimchi membutuhkan porsi garam relatif banyak ketimbang menu lainnya, selain proses penyimpanannya yang relatif lama akan terjadi reaksi antara logam dengan garam sehingga memengaruhi proses fermentasi pada rasa kimchi.
3. Hasil kimchi yang lezat memang membutuhkan penyimpanan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk proses fermentasi yang sempurna. Bahan keramik lebih disarankan untuk menyimpan kimchi selama proses fermentasi berlangsung.
4. Takaran bahan-bahan bumbu bisa Anda sesuaikan sampai Anda menemukan takaran yang pas dengan selera Anda. Misalnya dengan mengurangi garam jika Anda menyukai menambahkan saus ikan yang memang sudah asin.

Selamat mencoba,,,,,

0 komentar:

Poskan Komentar

sedikit coretan darimu sangat berarti untukku menjadi lebih baik lagi. apapun itu tumpahkanlah isi pikiranmu tentang tulisan ini, terimakasih

 

mongyimongyi !! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea