Rabu, 07 Maret 2012

AADA4 (Ada Apa Dengan Angka 4)

Diposkan oleh mongyimongyi di 09.13
Reaksi: 

Tidak hanya orang Indonesia saja yang percaya pada hal-hal yang di anggap tabu, orang korea pun demikian. Orang korea mempunyai sesuatu yang tabu atau dihindari yaitu selalu menghindari angka 4 (empat). Pasalnya angka ini ternyata adalah angka “SIAL” bagi kebanyakan orang korea. Alasannya tidak di buat-buat, karena bagi orang korea tidak suka dengan angka 4 karena arti dari angka tersebut. Bunyi angka 4 dalam bahasa korea adalah “SA” dan bunyi ini sama dengan bunyi untuk satu huruf kanji cina yang bermakna “MATI”. Oleh sebab itu masyarakat korea menganggap angka empat bermakna mati dan angka 4 itu di kutuk. 

Karena terlalu menghindari angka ini, orang korea sangat jarang sekali menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Lihat saja pada gedung-gedung tinggi di korea, mereka tidak menggunakan angka 4 pada lantai yang bernomer 4, mereka biasanya menggunakan huruf latin “F” dari angka Four yang bermakna empat untuk lantai bernomer 4.

Contohnya “gedung  63” , kalau kawan-kawan nanti berkunjung ke korea, jangan lupa untuk berhenti sejenak di gedung ini. Sempatkan diri melihat lantai 4, maka anda akan menemuka huruf  F bukan nomer 4. nah, kalau sudah nonton drama korea "my girl" pasti tidak asing dengan gedung ini.

gedung 63

contoh dormitory

Contoh juga ni, dengan kesialan angka 4 bagi orang korea. Dormitory yang dikenal luas sebagai asrama juga yang terdiri dari beberapa lantai pun demikian. Lantai pertama untuk lobby, pc room dan public area, lantai dua untuk kamar-kamar cowok, lantai tiga dan (sebenarnya) empat untuk kamar-kamar kaum cewek. Nah, disana tidak ada kamar 400 s/d 499 diganti dengan no 500 s/d 599 walaupun itu lantai 4 Dilain gedung, di kampus tempat kuliah bahasa korea ( Korea University),  ruang kuliah di lantai empat juga, tapi lagi-lagi nomer ruangnya 534, bukannya 434, bahkan di liftnya pun tidak tercantum lantai 4. Artinya dari lantai 3 langsung ke lantai 5. Dan ternyata hal tersebut juga dijumpai juga di gedung-gedung lain, bahkan di gedung yang berkelas, seperti gedung Seoul Art Centre dan Hotel Lotte yang terkenal mewah itu. Bukan itu saja, ketika membeli handphone, dan nomer yang ada tinggal 010-4447-xxxx ( yang terakhir ini kita boleh menentukan sendiri sesuai keinginan) si mbaknya yang jualan nanya dengan nada kuwatir, kira-kira terjemahannya gini, "apa anda tidak keberatan dengan nomer ini ( maksudnya tentu saja yang triple 4 itu)"
seoul art center

lotte hotel

korea university

Nah, jadi kalau mengndang tamu yang berasal dari korea sana, hindari memesan kamar bernomer 4 ataupun berada di lantai, mungkin juga bisa jangan makan di restoran di meja bernomer 4.
Kalau orang-orang barat justru menghindari sekali angka 13, bahkan orang Indonesia juga ikut-ikutan padahal tidak tahu asal usul nya angka tersebut dikatakan angka sial. Tapi bagi orang korea angka 13 tidak berpengaruh pada hal-hal gaib ataupun kesialan. 

tapi, ada juga kan ternyata angka 4 yang membawa hoki, pernah nonton boys before flower atau BBF, mereka kan beranggotakan 4 orang, nama grup nya F4 lagi,,,he

F4
Negara maju tidak menjamin rakyat nya berpikiran realistis juga ya,,,,begitu lah hidup,,

0 komentar:

Poskan Komentar

sedikit coretan darimu sangat berarti untukku menjadi lebih baik lagi. apapun itu tumpahkanlah isi pikiranmu tentang tulisan ini, terimakasih

 

mongyimongyi !! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea