Selasa, 20 Maret 2012

kebiasaan orang korea jilid 3

Diposkan oleh mongyimongyi di 08.53
Reaksi: 

add.google images
Nah, kebiasaan orang korea yang ketiga yaitu selalu mengakui kesalahan dengan sportif apabila melakukan kesalahan dan tanpa banyak alasan langsung minta maaf. 

Kenyataannya, Sifat ini sudah sangat lazim kita lihat walaupun tidak secara langsung di korea, yang doyan nonton drama maupun film korea ataupun segala jenis variety shownya sifat yang satu ini sering dipertotonkan oleh masyarakat korea. 

Tidak ada istilah gengsi di masyarakat korea, terserah orang yang melakukan kesalahan itu lebih tinggi jabatannya, lebih tinggi status sosialnya dari orang yang bersalah maka dia harus meminta maaf saat itu juga kalau terbukti bersalah. Bahkan seorang dosen pun apabila telat satu menit saja dari jadwal yang sudah ditetapkan maka dia akan meminta maaf secara langsung kepada para mahasiswanya.
Enggan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, bersiap-siaplah untuk menerima resikonya, bisa di cemooh, bahkan sampai dikucilkan, dijauhi oleh masyarakat,,,ckckck sadis juga ya,,,,hemmm

Biasanya, meminta maaf di korea pun di lakukan secara membungkuk juga seperti cara mereka mengucapkan salam ataupun berterimakasih. Bedanya terletak pada penggunaan katanya saja. Di korea ada berbagai jenis penempatan kata dalam berbahasa. 

Kata maaf di korea itu ada bermacam-macam yaitu dari tingkatan paling sopan yaitu ‘cheosonghamnida’, biasanya kata maaf ini dipakai ketika meminta maaf kepada orang yang memiliki jabatan paling tinggi, orang yang dihormati atau kepada orang yang baru bertemu sambil membungkuk 90 derajat atau 45 derajat. Kemudian ada kata ‘mianhamnida’, kata ini juga sopan formal dipakai kepada orang yang lebih tua atau oran yang dihormati . “mianhaeyo (미안해요) atau mianhada (미안하다) atau mianhae (미안해) ” kata maaf ini sopan informal, jadi bisa dipakai pada situasi santai kepada orang-orang yang memiliki umur setara atau lebih kecil, ini tidak perlu membungkuk ketika dilakukan, cukup dengan anggukan saja sudah cukup. Bahkan kata ‘mian (미안)’ pun dipakai oleh orang korea untuk situasi informal pada kehidupan sehari-hari mereka.

Patut di contoh ni,,meminta maaf lah segera ketika melakukan kesalahan, karena minta maaf tidak akan membuat harga dirimu jatuh dan kehormatanmu terkoyak. Justru dengan meminta maaf kalian akan termasuk orang-orang yang disegani dan disenangi banyak orang.
SELAMAT MENCOBA,,,,FIGHTING !.

0 komentar:

Poskan Komentar

sedikit coretan darimu sangat berarti untukku menjadi lebih baik lagi. apapun itu tumpahkanlah isi pikiranmu tentang tulisan ini, terimakasih

 

mongyimongyi !! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea