Sabtu, 17 Maret 2012

BUMI CINTA

Diposkan oleh mongyimongyi di 10.07
Reaksi: 

Bedah buku lagi yuk, buku kali ini dari pengarang paling sukses di dataran Indonesia  bahkan mungkin menembus benua asia . HABIBURRAHMAN EL SHIRRAZY, yang akrab disapa kang abik. Dialah pencipta novel-novel religi pemacu semangat. Ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih, pudarnya pesona Cleopatra, dalam mihrab cinta dan masih banyak lagi sederet judul buku best seller yang tercetus dari pemikirannya yang cemerlang. Bahkan sebagian bukunya sudah difilmkan juga lho, yang ternyata tidak kalah sukses dengan mencetak rekor penonton terbanyak. Sebut saja ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih dan dalam mihrab cinta masuk pada jajaran film box office. 

Nah, tapi bukan deretan buku-buku  di atas yang saya mau perbincangkan. Buku ini juga tidak kalah bagus dengan buku-buku kang abik yang lain,judulnya  BUMI CINTA.

Buku ini berkisah tentang seorang mahasiswa Indonesia yang bernama MUHAMMAD AYYAS. Dia melanjutkan studi pascasarjana ke new delhi, india setelah terlebih dahulu menempuh strata 1 di madinah.

Tiba saat dimana ayyas harus berjibaku dengan tugas akhir kuliah yaitu penyusunan tesis. Akhirnya dia memutuskan untuk mengerjakan tugas penelitian  dosen pembimbingnya nya yang dimadinah mengenai kehidupan islam di rusia pada masa pemerintahan stalin. 

Setiba di rusia, ayyas di sambut kawan baiknya bernama david. David lah yang membantunya mencari tempat tinggal. Karena keterbatasan dana akhirnya untuk sementara ayyas di janjikan tinggal di apartemen seadnya saja. Tapi malang nasib ayyas, ternyata apartemen itu harus dibagi lagi dengan dua wanita rusia cantik yaitu Yelena dan linor. Disinlah awal kisah hidup ayyas di rusia.

Yelena yang berprofesi sebagai pelacur kelas A dan linor adalah agen rahasia mossad yang bertopeng sebagai pemain biola handal. Aparteman yang terdiri dari tiga kamar tidur mengharuskan ayyas setiap hari harus berbagi dapur, ruang tamu dan ruang keluarga dengan kedua wanita ini. Sontak ini menjadi ujian keimanan ayyas yang harus menjaga kesucian dirinya.

Ternyata, tidak hanya kedua wanita itu yang akan masuk dalam kehidupan ayyas. Masih ada lagi assisten dosen wanita tak kalah cantik yang akan membimbing dia selama berada di rusia karena dosennya yang berada di delhi tidak bisa menyusul ke rusia. Wanita itu bernama Anastasia, seorang penganut Kristen ortodoks yang sangat taat. 

 karena sifat nya yang baik,  Yelena pun menaruh simpati kepada ayyas, namun cinta Yelena tidak digubris ayyas,  linor masih memasang muka cuek kepada ayyas. Sedangkan Karena sering pertemuan ayyas dengan Anastasia yang sangat intensif membuat Anastasia kagum dengan sosok ayyas. 

Konflik cerita di novel ini adalah dimana ketika ayyas difitnah tentang pengeboman yang sudah dirancang oleh linor sang agen mossad akibat kebenciannya terhadap islam. Linor melakukan sabotase terhadap ayyas, agar pelaku pengeboman tertuju kepada ayyas, tapi untukng ayyas memiliki alibi yang sangat kuat, karena ketika pengeboman terjadi ayyas sedang menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi. 

Setelah melakukan pengeboman linor melarikan diri ke rumah orang tuanya. Disinilah titik balik kehidupan linor. Rahasia yang disimpan ibunya bertahun-tahun terungkap, melihat sangat bencinya linor terhadap islam membuat ibunya tergerak untuk memberitahukan kepada linor siapa sebenarnya dirinya.  Linor pun mengetahui kenyataan kalau dia adalah anak seorang muslim, orang tua kandungnya beragama islam. dia diadopsi oleh keluarganya yang sekarang dari masi bayi karena ibu kandungnya meninggal dalam peperang. ibu angkatnya yang sekarang dulu teman ibu kandungnya.

Disinilah, akhirnya linor mengubah hidupnya, dia menjadi seorang muallaf dan berhenti menjadi agen mossad. Dia pun secara diam-diam kembali ke moskow rusia mencari ayyas. Linor pun bertemu ayyas dan melamar ayyas, tapi karena keraguan hati ayyas kepadanya, ayyas pun mengatakan kalau lamaran linor dia pertimbangakan. Tapi ketika linor berjalan keluar apartemen ayyas, dia ditembak oleh agen mossad lainnya karean dia di anggap penghianat. Akhirnya linor pun mati di pangkuan ayyas.

Seperti biasa, kang abik menggambarkan tokoh utamanya sesempurna mungkin di setiap novelnya. Konflik di novel ini tidak terlalu mendebarkan, tapi isi dakwah nya banyak bisa diambil hikmahnya. 

Mongyi merekomendasikan novel ini, SELAMAT MEMBACA,,,,

0 komentar:

Poskan Komentar

sedikit coretan darimu sangat berarti untukku menjadi lebih baik lagi. apapun itu tumpahkanlah isi pikiranmu tentang tulisan ini, terimakasih

 

mongyimongyi !! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea