Rabu, 28 Maret 2012

kebiasaan orang korea jilid 4

Diposkan oleh mongyimongyi di 09.05
Reaksi: 

Kebiasaan orang korea yang keempat adalah selalu mengucapkan terimakasih kalau menerima sesuatu atau bantuan. Biasanya juga diikuti dengan membungkuk atau berjabat tangan. 

Sampai-sampai ada sebuah kutipan menarik dari salah satu drama korea yang mengatakan “kata cinta, kata maaf dan kata terimaksih adalah kunci dari keutuhan suatu hubungan”. Kata Terimakasih bagi masyarakat korea adalah sesuatu yang sangat penting, karena dengan mengucapkan kata terimakasih, orang korea merasa dihargai atas usaha yang mereka lakukan sekceil apapun itu.

Anak kecil di korea sudah dibiasakan dengan adat kesopanan ini. Tidak mengucapkan terimakasih ketika menerima bantuan atau menerima sesuatu dianggap kurang ajar dan tidak sopan. 

Kata “kamsahmnida (감사힙니다)” atau “komapseumnida (고맙습니다) berarti terimakasih dalam bentuk sopan formal di korea ketika lawan berbicara orang yang di hormati, yang lebih tua atau bisa juga ketika baru kenalan. Sedangkan “keomawo atau keomawoyo” bahkan bentuk kamus “keomapta” juga sering dipakai. Nah, kalau yang ini biasanya digunakan pada situasi sopan informal apabila berbicara dengan teman sebaya atau yang lebih kecil. Tidak usah bingung, kata-kata ini sama artinya tapi berbeda pemakaiannya saja disesuaikan dengan situasi apakah formal atau informal.

0 komentar:

Poskan Komentar

sedikit coretan darimu sangat berarti untukku menjadi lebih baik lagi. apapun itu tumpahkanlah isi pikiranmu tentang tulisan ini, terimakasih

 

mongyimongyi !! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea